Kamis, 09 Juni 2011

Tips biar gag Ngantukk saat KULIAH

My Bro n My Sister! Sekedar sharing.. Perlu kalian tahu hal apa yang perlu dilakukan, biar kita tidak mengantuk dikelas waktu kuliah :

Pentingnya Sarapan
Kalimat klise ini jangan diremehkan. Sarapan memang penting artinya bagi aktivitas sehari-hari. Pilihan makanan yang salah bisa bikin hari anda berantakan.
Gerak Dong!
Jangan duduk-duduk saja di kantor. Walau pekerjaan banyak, tapi anda pasti punya waktu untuk bergerak. Dari pada meng-email atau berbicara lewat fasilitas chatting, lebih baik anda datangi teman anda untuk menyegarkan badan yang kaku karena duduk seharian.
Batasi Makan Siang
Well, semua orang pastinya merasa kebanyakan makan akan menimbulkan kantuk. Anggapan itu sama sekali nggak salah. Jangan kalap ketika makan siang. Bagi porsi makan anda dengan pintar. Makan sedikit di siang hari, kemudian lanjutkan dengan ngemil buah-buah segar menjelang sore hari.
Hindari Ngemil Tak Sehat
Makan cokelat memang bisa mendongkrak energi. Tapi sayangnya hanya untuk sementara. Satu jam kemudian anda sudah loyo lagi. Daripada mengejar kalori dari cokelat, sebaiknya cari kudapan yang juga kaya protein dan karbohidrat. Misalnya biskuit gandum atau kudapan rendah kalori lainnya.
Tidur yang Cukup
Beberapa dari anda mungkin sudah bosan mendengar kalimat tadi. Tapi memang faktanya, tidur cukup sangat baik untuk kesehatan dan bisa menghindari anda dari berbagai penyakit. Jika pulang terlambat, jangan kemudian duduk di depan televisi. Sebisa mungkin langsung ganti baju, membersihkan diri, lalu tidur. Minum susu hangat sebelum tidur juga dipercaya bisa membuat istirahat anda lebih nyaman. Usahakan selalu tidur 7-10 jam sehari.
sumber: http://www.dechacare.com/Tips-Biar-Tidak-Mengantuk-Di-Kantor-I433.html

Berangkat dari hal diatas tadi, Saya juga ingin memberi tips-tips KHUSUS buat para pembaca, khusunya MAHASISWA. Karena kalau yang ini menurut pengalaman pribadi saya biar gag gampang ngantuk ato apa aja yang harus dilakuin biar ngantuk itu biar ga disebut dewa tidur dikelas.

   1. Minum Kopi.. itu adalah hal yang biasa dilakukan orang-orang untuk menahan kantuk. Karena didalam kafein ada kopi, maksud saya sebaliknyaa (ini nulisnya juga ngntuk okk). Knpa kok bisa?? Kalau sempet baca ini (http://id.wikipedia.org/wiki/Kafeina)
   2. Mencubit, atau menjambak rambut. Nahhh ini suatu trik yang biasa dilakukan teman saya. Tapi lumayan lhoo biar fresh dikit (karena sakit yang tiba).
   3. Ke WC cuci muka juga bisa membuat mata kita terbuka (Ia!!! coba aja masukkin air keran ke mata kalian pasti terbuka hahahahaha)
   4. Mencoba Kreatif, With what?? Cari KEGADUHAN, FOTO-FOTO hmmm Iya begitulan cara lain saya. Mengakali krngantukan dengan tampil aktif, banyak bertanya, intinya jangan sampai diem. Kadang2 saya juga meNYlemong saat dosen mengajar karena kadang dosen juga bisa membisankan sekalian saja saya nylemong biar suasana ngga kaku n kadang dengan tertawa juga mampu membuat otot tubuh kita yang kaku kembali rileks.
   5. Konsentrasi.. ini adalah yang kita buthkan dalam belajar. Tentu jika kita mampu fokus dan konsentrasi pada mata kuliah kita akan lebih aktiv dalam berpikir maupun bertindak (bertanya, menulis, menghitung, dsb) aktif dalam mengikuti perkuliahan
   6. Ingat dengan orangtua atau saudara yang telah berkorban untuk kita yang rela bekerja  utnuk menyekolahkan kita, ingat saat senyum ibu bapak kita, becanda saat bersama, kenangan dan imajinasi indah. Mungkin butuh beberpa menit untuk itu, asal jangan sampe kelamaan, bikin sebagai sebuah motivasi dan mengingatkan Apa THO tujuan kita KULIAH??

Sekiann bahasan kali ini karena kebetulan pagiini saya juga sempat ketiduran di kelas hehehe. Kalau suka jangan lupa di SHARE yaa, ohyess COMMENT juga SANGAT BOLEH!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar